Posted by : Unknown Friday, September 6, 2013

Pembelian yang efektif akan membawa pengaruh besar terhadap sebuah klub (REUTERS/Sergio Perez)VIVAbola - Bursa transfer musim panas ini, publik sepakbola dunia disuguhkan dengan pergerakan klub-klub Eropa yang rela menggelontorkan dana besar demi mendapatkan para pemain incaran mereka. Namun, besarnya uang untuk membeli pemain belum menjamin kesuksesan dari sebuah klub dalam meraih prestasi.

Fenomena transfer di musim panas ini adalah banyak klub yang memasang harga selangit untuk pemain bintangnya meski belum mempersembahkan prestasi. Hal itu diperparah dengan kesediaan klub peminat untuk menebus sang pemain sesuai harga yang ditetapkan.

Pergerakan 'gila' di bursa transfer musim panas ini, dimotori oleh AS Monaco yang secara agresif membeli 12 pemain. Mereka harus mengeluarkan kocek hingga 166 juta euro atau setara Rp2,5 triliun.

Pemain termahal yang mereka datangkan adalah Radamel Falcao dengan harga hampir 60 juta euro. Monaco pun tercatat di Transfermarkt sebagai klub yang paling jor-joran dalam membeli pemain.

Di bawah Monaco, ada Real Madrid yang rela mengeluarkan uang hingga 163 juta euro untuk berbelanja pemain. Talenta termahal yang mereka beli adalah Gareth Bale, dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro.

Bale merupakan pemain yang mampu menyedot perhatian dunia di bursa transfer musim panas ini. Secara kualitas, The Road Runner memang dinilai sangat bagus. Akan tetapi, Bale belum memberikan kesuksesan kepada klubnya terdahulu, Tottenham Hotspur.

Banyak pihak menilai, bahwa kebijakan Madrid untuk mendatangkan Bale adalah sebuah perjudian. Pasalnya, pemain berusia 24 tahun tersebut belum tentu mampu beradaptasi dengan iklim sepakbola Spanyol.

Meski menjadi pemain termahal di Madrid, Bale tidak mendapatkan jaminan dari tim pelatih Madrid. Menurut Asisten Pelatih Madrid, Paul Clement, pihaknya bekerja bukan berdasarkan banderol harga yang disematkan kepada para pemain, melainkan kualitas.

"Ada kompetisi untuk mendapatkan tempat (sebagai starter). Tidak satu pun pemain yang digaransi bisa selalu tampil sebagai starter," tegas Clement kepada BBC.

"Pelatih Carlo Ancelotti memang sudah punya rencana untuk dia, tapi semuanya bisa berubah," sambung dia.

Pernyataan Clement nampaknya bisa dijadikan acuan. Madrid pernah membuat kegagalan ketika mendatangkan Ricardo Kaka. Meski ditebus dengan harga yang mahal, nyatanya Kaka gagal bersaing mendapatkan tempat di skuad utama.

Siapa Yang Bersinar, Siapa Yang Gagal?

Bursa transfer sudah ditutup dan klub saat ini dibebankan dengan tugas baru. Tugas tersebut adalah, bagaimana memaksimalkan pemain-pemain baru mereka agar bisa memberikan prestasi di musim 2013/14 ini?

Klub-klub pastinya tidak ingin pemain-pemain mahalnya hanya duduk manis di bangku cadangan. Tim pelatih pun dituntut untuk membuat sang pemain cepat beradaptasi dengan pola permainan yang dia usung. Dan jika tidak cocok, maka bisa saja sang pemain hanya akan menjadi 'barang rongsokan'.

Sejauh ini, Isco adalah pembelian paling efektif di bursa transfer musim panas ini. Menurut Daily Mail, Isco mampu menunjukkan perbandingan lurus antara kapasitasnya dengan harga yang disematkan.

Isco ditebus Madrid dari Malaga dengan nilai 30 juta euro. Namun, dia sudah dipercaya untuk menjadi pemain kunci di Madrid. Dalam 3 laga, pemain berusia 22 tahun itu mampu mencetak 3 gol.

Selain Isco, pembelian paling efektif lainnya adalah David Villa dan Carlos Tevez. Keduanya mampu memberikan kontribusi besar kepada klub barunya meski ditebus dengan nilai transfer yang minim.

Sukses ketiganya bagaikan sebuah ironi bagi beberapa pemain yang ditebus dengan harga mahal. Contohnya adalah Neymar yang diboyong oleh Barca dari Santos dengan harga 57 juta euro. Neymar ditempatkan oleh Daily Mail sebagai pembelian efektif nomor 8. Tapi, hingga saat ini sang pemain belum menunjukkan performa terbaik.

Lalu bagaimana dengan Bale? Apakah harganya akan berbanding lurus dengan kontribusinya terhadap Madrid? Atau hanya akan menjadi sebuah blunder semata?

Sebuah survei di harian olahraga terkemuka di Spanyol, Marca, menyatakan bahwa Bale diyakini akan bersinar bersama Madrid. Sebanyak 60 persen voters beranggapan, Bale akan segera menunjukkan performa terbaiknya bersama Madrid.

Pria asal Wales juga disebut sebagai pembelian yang tepat untuk Los Blancos. Namun, hasil survei tersebut harus dibuktikan keakuratannya setelah Bale bermain untuk Madrid.

Selain Bale, tantangan juga ada di pundak dari Mesut Oezil. Setelah bergabung dengan Arsenal, Oezil berstatuskan sebagai pemain Jerman termahal dengan nilai transfer mencapai 42,5 juta poundsterling. Selain itu, beban lain bagi Oezil adalah dia digadang-gadang menjadi sosok tepat bagi Arsenal untuk mengakhiri paceklik gelar.

Arsenal tentunya tidak ingin Oezil gagal seperti Fernando Torres. Dibeli dengan harga 50 juta poundsterling dari Liverpool, El Nino justru gagal mengulang prestasi ketika masih berseragam The Reds.

Kesederhanaan Versus Kemewahan

Prestasi sebuah tim akhir-akhir ini memang lekat kaitannya dengan uang. Namun, hal itu tidak selalu terjadi.

Borussia Dortmund telah membuktikannya di musim 2012/13 lalu. Skuad Real Madrid yang memiliki nilai total pemain lebih dari 500 juta euro, mampu disingkirkan di fase semifinal Liga Champions musim lalu oleh Dortmund yang harga skuadnya hanya berkisar di angka 288 juta euro.

Ini membuktikan, kekayaan suatu klub belum tentu bisa mencatatkan prestasi bagus. Pembinaan pemain di suatu klub adalah faktor lain bagi sebuah klub untuk bisa meraih prestasi.

Fondasi sebuah tim sudah seharusnya dibangun melalui manajemen klub itu sendiri. Pembelian pemain hanyalah upaya dari klub untuk melengkapi kebutuhan dari pelatih dalam menjalankan taktik dan strateginya untuk berjalan lebih baik.



View the original article here



Peliculas Online

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
www.winzulkim.blogspot.com
irwinsyah site's
Selamat Datang di Win Zul Kim blog, selamat surfing. terima kasih by irwinsyah azizul hakim

Anda Pengunjung Ke -

Blogger templates

" />

Asal Pengunjung

My Facebook

Win Zul Kim |Profil
silahkan klik 'like' diatas

secure link

irwinsyah network. Powered by Blogger.

- Copyright © irwinsyah azizul hakim -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -